BALIKPAPAN, konklusi.id - Gojek, layanan on-demand dari Grup GoTo mengumumkan
capaian Program Gojek Swadaya, yakni program eksklusif untuk meringankan beban
operasional mitra driver dan keluarganya. Diluncurkan pada 2016, Gojek Swadaya
telah dimanfaatkan oleh lebih dari 450 ribu mitra driver per bulannya dan
membantu mereka menghemat hingga 15 persen dari biaya operasional sebagai mitra
driver.
District Head Gojek Kalimantan Nayaka Buana menyambut baik konsistensi Gojek Swadaya yang memasuki tahun ke-7. Sejalan dengan tiga strategi Gojek di 2023 untuk terus menjadi layanan on-demand andalan dari Grup GoTo, Gojek Swadaya merupakan bagian integral dari strategi jangka panjang untuk mendukung mitra driver. “Bersama Gojek Swadaya, mitra driver mendapatkan banyak manfaat bagi dirinya dan keluarga,” ujarnya kemarin (14/6).
Terdapat beberapa fakta menarik selama tujuh tahun Gojek Swadaya berjalan. Di mana pulsa merupakan kebutuhan fundamental mitra driver, dengan total kuota yang dibeli mitra driver melalui Paket Pulsa Swadaya capai 7,41 juta GB tiap bulannya.
Voucher diskon perawatan kendaraan yang paling banyak digunakan mitra driver adalah oli, dengan total oli yang digunakan mitra driver dari Paket Swadaya sebanyak 37,3 ribu liter.
Terdapat berbagai jenis sembako yang didukung oleh Gojek
Swadaya, mulai dari beras, minyak, hingga paket makanan terjangkau. Lebih dari
240.000 mitra driver dan keluarga mempunyai akses untuk hidup yang lebih baik
melalui program tabungan dan asuransi termasuk BPJS, Kredit Pemilikan Rumah
(KPR) terjangkau, dan beasiswa anak mitra.
Jaminan Kecelakaan Kerja & Kematian dari BPJS Ketenagakerjaan di Gojek Swadaya menjadi inisiatif pertama di industri yang menghubungkan asuransi ketenagakerjaan dengan mitra driver. Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan menjadi produk finansial Swadaya dengan pendaftar terbanyak.
Melalui fitur Tips Pintar di aplikasi GoPartner, lebih dari 400 ribu mitra driver telah melek keuangan dengan berbagai modul ilmu finansial yang banyak diminati mitra driver.
Head of Regional Corporate Affairs Guntur Arbiansyah menyampaikan bahwa terdapat beberapa faktor kesuksesan program Gojek Swadaya. Program ini sangat mudah dijangkau, cukup melalui fitur di aplikasi mitra driver Gojek yakni GoPartner. “Agar tepat sasaran, setiap program melibatkan diskusi dua arah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mitra driver di masing-masing daerah, melalui kanal komunikasi seperti Kopdar (kopi darat),” ungkapnya.
Dampak yang menyeluruh dan tepat guna Gojek Swadaya juga merupakan hasil dari kolaborasi Gojek dengan Partner Swadaya, yang memiliki kesamaan visi untuk menyejahterakan mitra driver Gojek. Tercatat berbagai perusahaan telah menjadi Partner Swadaya, mulai dari perusahaan telekomunikasi, dealer otomotif, penyedia produk, bengkel dan layanan penunjang kendaraan bermotor, perbankan dan asuransi, ritel, hingga penyedia properti hunian terjangkau.
Guntur Menambahkan Kesejahteraan mitra driver menjadi kunci utama Gojek dalam terus memberikan dampak perekonomian yang maksimal di Indonesia, sebagaimana tercermin dari Riset LPEM FEB UI yang menunjukkan kehadiran Grup GoTo mampu menciptakan kesempatan kerja, menekan angka kemiskinan dan menurunkan kesenjangan pendapatan di kota-kota operasional GoTo.
Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Adwar Skenda Putra mengapresiasi upaya Gojek untuk terus menjaga keberlangsungan para mitra di Balikpapan. Gojek dinilai memiliki peran penting bagi masyarakat Balikpapan dan mitranya. Apa yang dilakukan Gojek untuk mitranya di Balikpapan ini harusnya bisa menjadi contoh bagi industri serupa. Karena seperti kita tahu, mitra Gojek juga memiliki biaya operasional rutin seperti makan, perawatan kendaraan serta mencuci kendaraan yang biayanya tidaklah kecil.
“Hadirnya program Swadaya ini terbukti dapat membantu menekan biaya operasional mereka, dan tentunya juga dapat membawa pendapatan lebih bagi keluarga di rumah,” ucapnya.
Sementara itu Sujiran Mitra Gojek Balikpapan menyampaikan apresiasi kepada manajemen Gojek Balikpapan yang secara konsisten menghadirkan program swadaya sebagai upaya membantu mengurangi biaya operasional harian seperti diskon Service motor, Ganti oli sampai harga sembako murah yang bekerjasama dengan berbagai pihak.
“Tentunya program ini sangat membantu kami sebagai mitra Gojek yang bekerja setiap hari di luar rumah, melalui program swadaya ini tentunya sangat membantu utamanya dalam mengurangi pengeluaran operasional harian, saya berharap program ini bisa terus diperpanjang dan dapat menjangkau lebih banyak mitra secara luas,” harapnya.
District Head Gojek Kalimantan Nayaka Buana juga menyampaikan sejak pertama kali berdiri, salah satu fokus utama Gojek adalah untuk menciptakan dampak sosial seluas-luasnya bagi masyarakat dan seluruh pengguna ekosistem, termasuk mitra driver.
“Kami bangga dan sangat bersyukur mengetahui bahwa misi sosial
tersebut juga diteruskan oleh para mitra driver kami yang merasa tercukupi
sehingga mau menyambung rantai dampak sosial yang kami terus upayakan tersebut.
Inisiatif independen dari berbagai komunitas ini menunjukkan solidaritas mitra
driver Gojek tersebar se-Indonesia,” tutup Nayaka. (uyu)
Tulis Komentar