TENGGARONG, konklusi.id - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan
Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Maslianawati
Edi Damansyah membuka acara Sinkronisasi Program PKK, di Balai Desa Liang
Kecamatan Kota Bangun, Kamis (29/2/24). Dalam sinkronisasi tersebut dijelaskan
juga program kegiatan PKK seperti kegiatan sekretariat, kegiatan Pokja 1 hingga
Pokja 4.
Saat ditemui, Maslianawati mengatakan bahwa
kegiatan ini dimaksudkan agar para pengurus PKK dari tingkat kecamatan hingga
desa bisa tertib administrasi. Selain itu, para pengurus PKK diajarkan
bagaimana membuat Rencana Kerja Anggaran (RKA) untuk program kerja PKK.
“Saya harap seluruh PKK baik itu di tingkat
kecamatan hingga desa bisa menyusun sendiri RKA-nya agar semua kegiatan bisa
teranggarkan dan dilaksanakan sesuai dengan program yang telah dirancang,”
imbuhnya.
Ia berharap ke depannya bila ada Kegiatan
tidak meminta-minta kepada orang perorang tetapi sudah bisa teranggarkan di
program yang telah direncakan agar bisa sejahtera dan mensejahterakan rakyat.
Menurutnya, dengan bisa memahami dan
membuat RKA sendiri maka program akan lebih sesuai dengan kondisi di lapangan
dan bila ada kegiatan yang tidak ada dananya maka bisa melakukan kolaborasi
dengan berbagai sumber atau instansi.
“Kita bisa berkolaborasi dengan berbagai
pihak agar semua program berjalan lancar dan jangan takut menjalankan program
bila tak ada dananya karena kita bisa berkolaborasi dengan banyak instansi atau
Sumber seperti perusahaan atau pun instansi pemerintah seperti Dinas
pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD),” imbuhnya.
Sinkronisasi Program PKK untuk 20 kecamatan
ini akan dilaksanakan di 3 Zona yaitu zona hulu yang dilaksanakan di Kec. Kota
Bangun dengan peserta dari Kec. Tabang, Kec. Kembang Janggut, Kec. Kenohan,
Kec. Muara Wis, Kec. Kota Bangun Darat, Kec. Muara Muntai, Kec Kota Bangun,
zona tengah akan dihadiri oleh peserta dari Kec. Muara Kaman, Kec Loa Janan,
Kec. Loa Kulu, Kec. Sebulu, Kec . Tenggarong Seberang dan Tenggarong. Sedangkan
di Zona Pantai akan dihadiri oleh peserta dari Kec. Marang Kayu, Kec. Muara badak,
Kec. Anggana, Kec. Sanga -sanga, Kec Samboja, Kec. Samboja Barat dan Muara
Jawa. (adv/uyu)
Tulis Komentar