Jakarta, konklusi.id - Pasar otomotif nasional pada periode Januari–September 2022 mencatatkan raihan penjualan ritel sekitar 732 ribu unit, atau naik sekitar 22% dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu sekitar 600 ribu unit.
Pada periode yang sama, hingga kuartal III Daihatsu catatkan penjualan ritel sebanyak 140.894 unit, atau naik sekitar 36% dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu sejumlah 103.788 unit.
Secara persentase, raihan penjualan ritel Daihatsu selama 9 bulan ini lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional. Selain itu, market share Daihatsu juga meningkat menjadi sebesar 19,2%, naik sebesar 1,9% dibandingkan September 2021 sebesar 17,3% (year to date/ytd).
Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu hingga September 2022 tetap didominasi oleh top 3 model, seperti Sigra sebanyak 35.200 unit, atau berkontribusi sekitar 25%; disusul Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 33.360 unit (23%); dan Xenia dengan raihan 18.651 unit (13%).
“Daihatsu bersyukur dapat meraih hasil penjualan dengan capaian positif. Raihan hingga Kuartal III ini bahkan telah melebihi capaian Daihatsu pada periode yang sama tahun 2019 lalu ketika sebelum pandemi Covid-19 terjadi. Semoga raihan positif ini dapat terus berlanjut, dan lebih baik dari tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO). (uyu)
Tulis Komentar